Pembuatan Brosur dan Poster

PEMBUATAN BROSUR/ POSTER
A. Pengantar :
Brosur atau poster adalah media informasi dan pemasaran yang sering di gunakan oleh banyak perusahaan atau lembaga pendidikan untuk menyampaikan informasi penting. Sebuah brosur bisa di katakan baik jika dalam penyajian informasi tidak hanya dapat di baca atau di terima dengan baik oleh pembaca, tetapi juga harus dapat menimbulkan efek keindahan atau estetika. Brosur yang memiliki nilai estetika maka akan lebih mudah di terima dan mendapatkan perhatian khusus dari pembacanya. Disini peran penting dari seorang desainer grafis untuk menciptakan sebuah desain brosur yang baik.

B. Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum membuat desain brosur/ poster
1.    Tentukan dahulu untuk siapa atau apa brosur itu di buat, misalnya jika yang memesan itu adalah pihak pendidikan maka kita bisa memberikan warna dominan warna biru atau bahkan ada permintaan warna dominan khusus.
2.    Catatlah semua informasi yang akan di masukkan ke dalam desain brosur sehingga dalam proses desain nanti tidak ada informasi yang kurang atau belum di masukkan.
3.    Buatlah konsep atau model desain lebih dari 1 (satu) sehingga dalam proses desain nanti kita dapat membuat beberapa variasi desain sehingga pemesan brosur dapat dengan mudah memilih desain mana yang paling di sukai atau menarik.
4.    Cari inspirasi desain lewat internet atau media cetak yang sudah ada untuk mengawali konsep desain brosur yang akan kita buat.
5.    Konfirmasikan setiap desain brosur yang sudah jadi dan siap cetak kepada pemesan kartu nama sebelum kita menyelesaikan desain kartu nama.

C. Ketentuan Pembuatan Brosur/ Poster
1.    Dalam materi ini kita akan membuat sebuah brosur dengan tema budaya.
2.    Tema : Visit Indonesia untuk daerah Yogyakarta
3.    Isi Brosur :
–    Judul : Yogyakarta Kota Budaya dan Pariwisata
–    Objek Budaya dan Pariwisata :
Candi Prambanan
Candi Borobudur
Keraton Yogyakarta
Malioboro
Gunung Merapi
Pantai Parangteritis
–    Di dukung oleh :
Visit Indonesia
STMIK AMIKOM Yogyakarta

4.    Gunakan logo yang tersedia untuk melengkapi unsure supported by. (file dalam bentuk .jpeg)
5.    Gunakan teknik pembuatan desain grafis yang telah dipelajari pada materi sebelumnya untuk membuat desain brosur.
6.    Ukuran brosur adalah ukuran dokumen A4
7.    Pakailah warna ungu sebagai warna dominan !
8.    Gunakan gambar pendukung yang di sertakan dalam file !
9.    Selamat mengerjakan.

D. Langkah Pembuatan Brosur/ Poster
1.    Bukalah aplikasi CorelDraw dan buat ukuran dokumen menjadi A4, setting satuan ukuran menjadi cm.
2.    Buatlah objek retangle/ persegi dengan ukuran sama dengan ukuran A4 yakni 21 cm x 29.7 posisi dokumen portrait atau berdiri.
3.    Berikan warna ungu pada objek retangle tersebut seperti terlihat pada gambar di bawah ini

4.    Setelah objek terbentuk seperti gambar, maka kita akan memodifikasi atau membuat illustrasi dari objek tersebut, caranya silahkan ubah objek persegi tersebut menjadi curves dengan cara klik kanan lalu pilih convert to curves (Ctrl + Q)
5.    Kemudian buatlah objek menjadi seperti pada gamba di bawah dengan cara menghapus salah satu ujung dengan menggunakan shape tool.

6.    Lalu copy paste objek yang berwarna sehingga akan terlihat pada illustrasi gambar di bawah ini.

7.    Setelah desain illustrasi tersebut selesai maka langkah selanjutnya adalah mengisi informasi pada brosur tersebut.
8.    Silahkan masukkan semua informasi yang telah di tentukan dengan urutan adalah kita masukkan dulu judul dari brosur atau poster, perhatikan gambar di bawah ini.

 

9.    Langkah selanjutnya adalah memasukkan materi pendukung yakni seluruh objek pariwisata dan budaya yang ada di Yogyakarta, silahkan masukkan dan desain tulisan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

 

10.    Setelah itu langkah kita adalah melengkapi informasi yang berupa tulisan dengan illustrasi berupa gambar, silahkan masukkan gambar yang ada pada file peserta dengan susunan atau bentuk desain seperti terlihat pada gambar di bawah.

 

11.    Kemudian sebagai langkah terakhir dalam hal pembuatan illustrasi atau memasukkan gambar adalah memberikan informasi “ didukung oleh ”. Silahkan masukkan gambar yang telah di siapkan sebagai logo pihak sponsor. Perhatikan gambar di bawah ini.

 

12.    Setelah langkah di atas di lengkapi semua maka keseluruhan desain brosur atau poster akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

 

13.    Langkah selanjutnya adalah menyimpan dokumen kedalam komputer kita atau media penyimpanan lain. Silahkan simpan dengan 2 bentuk format file yakni, .Jpeg dan .Cdr.
14.    Selamat belajar dan sukses selalu.

 

Download materi ini langsung versi PDF

atau

 

%d blogger menyukai ini: